Thursday, January 31, 2019

Belajar Bahasa Spanyol dengan Duolingo


¡Hola, amigos! 
¡Feliz año nuevo!💃🎉🎇🎊
Yak, meskipun udah lewat dari tanggal 1 Januari tahun 2019, gue tetep ngucapin met tahun baru buat kita semua karena suatu pepatah mengatakan "lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali". Bener, kan, gue?😁 Yak, semoga di tahun yang baru ini, semua resolusi kita yang ga terwujud di tahun kemarin bisa kita wujudkan di tahun ini. Semoga tahun ini adalah tahun yang baik untuk kita semua. Semoga di tahun ini, kita semua  makin lancar belajar bahasa Spanyolnya. Amin??? ¡Amén! 🙌

Oke, di tahun yang baru ini, gue pribadi punya cita-cita yaitu menyelesaikan semua materi belajar bahasa Spanyol di aplikasi Duolingo. Klen pada tau gak? Ada yang pernah denger tentang aplikasi ini? Atau malahan ada yang udah pernah main dan sekarang udah tamat semua materinya? Kalo loe yang lagi baca ini adalah salah satu orang yang udah menyelesaikan semua materinya, gue hanya ingin mengucapkan "Mantab djiwa" 👍 👏👏



Vale, cukup dengan semua pengantar yang ngalor ngidul itu, mari kita mulai saja. 

Maskot Duolingo. Burung hantu berwarna ijo bernama Duo.
Source gambar: Google
Apa itu Duolingo?
Jadi, Duolingo itu sebenernya adalah sebuah platform belajar bahasa online. Maskotnya  adalah Duo, seekor burung hantu berwarna ijo kayak di gambar di atas. Sebenernya gue juga bingung kenapa burung hantunya berwarna ijo 😂 Jadi keinget salah satu lapak jualan onlen yang ga akan gue sebut namanya. Entar dikira endorse jajaja...
Oke, lanjut. Duolingo tersedia dalam berbagai bahasa dan masih terus dikembangkan sehingga makin banyak kursus bahasa yang dapat dipelajari di sana. Duolingo ini bisa diakses langsung lewat web nya di www.duolingo.com dan ada aplikasinya juga, amigos! Duolingo tersedia dalam versi iOS, Windows Phone dan Android. 
Cara menggunakannya gampang banget, kayak main game biasa. Ntar ada skills nya, terus kita ngerjain soal-soal di dalemnya. Di sini, kita bakal ngembangin kemampuan berbicara, membaca, mendengarkan dan menulis sambil main game. Kita akan belajar banyak kosakata baru dan nambah kemampuan grammar juga.  Pokoknya seru lah. Makanya download atau main di web nya sekarang juga!  

Gimana mulai main Duolingo?

Vale, pertama kalian harus daftar jadi anggota dulu. Kunjungi web nya di www.duolingo.com atau download langsung aplikasinya di hape pinter kalian. 


Tampilan versi web

Nah, kalo mau daftar kursus bahasa Spanyol, pastikan site language nya english, ya. Kenapa? Karena untuk saat ini, kursus bahasa Spanyolnya hanya tersedia bagi penutur bahasa Inggris saja. Dan mari berharap semoga ke depannya ada kursus bahasa Spanyol bagi penutur bahasa Indonesia, yah. Amin. 
Setelah itu, jangan lupa daftar member, yah. Biar bisa akses semua lessonsnya.
Halaman utama versi web
Kalo klen scroll ke bawah, akan nemu topik pelajaran yang masih terkunci. Dan cara untuk membukanya adalah dengan menjawab semua test yang diberikan di tiap part. Karena kita baru aja buat akun, kita harus melalui tahap Choose Your Path terlebih dahulu. Kalo ini pertama kalinya buat klen belajar bahasa Spanyol, mulailah dengan klik pilihan Intro. Atau kalo kalian udah pernah belajar Spanyol sebelumnya, kalian bisa pilih Placement Test
  • Kalo udah pernah belajar bahasa Spanyol sebelumnya, klen pilih Placement TestPlacement Test nya bentar doang kok. Paling 5 menit an. Atau lebih jajaja. Kalo udah selesai dan berhasil, nanti akan muncul keterangan berapa skills yang kita kuasai. Contohnya kayak gini. Ini tadi gue bikin akun baru dan nyoba placement test. Hasilnya gue menguasai 14 skills dan keempat belas topiknya kebuka. Sementara yang lain masi terkunci. Liat, kan? Yang udah kebuka akan ada warna-warnanya gitu. Sementara kalo masih kekunci warnanya abu-abu. Kayak hatiku yang sudah lama kosong ini... *hiyaaa malah curcol unfaedah 🙈


  • Kalo yang masih baru banget, cobalah untuk mulai dari Intro. Biasanya nanti akan dikasih gambar-gambar dengan tulisan berbahasa Spanyol. Lalu kita akan mencocokannya dengan soal berupa kata dalam bahasa Inggris. Terus, akan ada kalimat dengan audionya dan harus kita cari artinya dengan memilih beberapa pilihan kata yang ada di bawahnya. Bisa dipilih (di-klik) atau ketik langsung lewat keyboard. Macam ini tampilannya. 


Kalo masih belum tau arti katanya, jangan khawatir. Di bawah kalimat berbahasa Spanyol itu ada titik-titik berwarna abu-abu kan. Kalau kalian klik per kata maka akan muncul terjemahannya dalam bahasa Inggris sehingga kalian akan tahu arti kalimat di atas dan cocokan dengan pilihan jawaban di bawah. Akan ada beberapa tipe soal, klen coba sendirilah biar tau gimana caranya hehehehe 😎


Lessons. Tampilan versi android


Tap the Pairs.
Tampilan versi android


Translate.
Tampilan versi android


Pendapat gue tentang aplikasi ini

Bueno, menurut gue aplikasi ini bagus, sih. Gue sendiri udah main Duolingo dari akhir 2015 deh kalo ga salah. Sampe sekarang masih main karena gue orangnya ga konsisten dan kadang terlalu sibuk *halah 😅
Kunci dari main Duolingo adalah harus tekun dan sabar, amigos. Menyelesaikan banyak soal, mengulang jika salah. Di sini kita juga jadi belajar banyak hal termasuk gimana supaya ga egois kalo jawabannya salah dan terpaksa ngulang materi; gimana biar terpacu semangat kompetisinya ketika liat temen satu klub nya ngebut main ngumpulin xp; mengembangkan kemampuan berbicara, mendengar, membaca dan menulis; belajar sabar; belajar mengapresiasi orang lain ketika temen kita berhasil melampaui kita dan jadi winner of the week di leaderboard; belajar banyak kosakata baru dan kemampuan grammar; dan lain-lain. Itu dampak positif yang bisa kita ambil. 👍👍
Gue sendiri ngerasa bahwa Duolingo sangat membantu gue terutama dalam kosakata. Ketika kuliah, gue ambil kelas bahasa Spanyol satu semester di kampus gue dan gue juga ngambil kursus di luar kampus. Dan gue menyadari kalo gue ternyata tahu lebih banyak, gue selangkah lebih maju, gue bisa mengingat kata dalam bahasa Spanyol dengan mudah termasuk gendernya karena itu semua gue pelajari di Duolingo. Kalo gue aja bisa, maka kalian juga bisa. Makanya ayo main Duolingo. Daripada klen ngabisin waktu berjam-jam buat main instagram dan cuma like foto artis atau stalk akun mantan, mending main Duolingo. Lebih berfaedah. Jajajaja...😁😁😁
Kalo kekurangannya, apa yaa... Buat gue pribadi, gue agak terganggu sama iklan-iklan yang ada. Dulu, Duolingo bener-bener free. Ga tiap saat ada iklan, seingat gue. Tapi sekarang bentar-bentar iklan. Dan kalo mau main tanpa iklan harus pake Duolingo plus, gue yang hanya mahasiswa ga banyak modal ini bisa apa huhuhu... 😢😢
Sama ini, nih. Gue berharap Duolingo mengembangkan kursus bahasa Spanyol buat penutur bahasa Indonesia. Kenapa? Karena gue tahu, diluar sana banyak juga yang kepo sama bahasa Spanyol tapi bahasa Inggris nya engga bagus. Sementara saat ini untuk belajar bahasa Spanyol di Duolingo harus melalui bahasa Inggris. Dan tentunya akan lebih mudah bagi kita kalo dalam bahasa kita sendiri, bukan? 😏

Yak. Kali ini sampe sini dulu, ya. Mungkin tulisan gue ini ada salah kata dan banyak kekurangannya, untuk itu gue minta maaf. Dan gue mohon dengan sangat untuk kritik dan saran dari kawan-kawan semua  yang baca blog ini. Please let me know. Jangan lupa tinggalkan komentar, ya. Atau mau hubungi gue via e-mail juga boleh di 📧 dtangibles@gmail.com . 

Sekian dulu dari gue. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga apa yang gue tulis ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya dan semakin memotivasi untuk belajar bahasa Spanyol secara lebih mendalam lagi. ¡Chao! 💃


Sumber:
Wikipedia. Duolingo. Diambil dari :
https://en.wikipedia.org/wiki/Duolingo, diakses pada 8 Januari 2019

Sumber Gambar: 
-Google
-Dokumentasi penulis blog 

2 comments:

  1. CV Bahagia sukses makmur menerima pesanan pembuatan huruf timbul dan neon box,
    Kami hadir dengan konsep, tujuan serta hasil karya yang maksimal, baik kualitas bahan dasar, hasil finishing maupun harga yang kompetitif.

    Huruf timbul biasa digunakan untuk media yang sering dipakai agar lebih mudah mengetahui identitas suatu brand atau nama perusahaan, cafe, toko, hingga nama jalan.
    Namun huruf timbul tak hanya dipakai untuk menandai sebuah nama saja, tapi juga citra dari lembaga yang dimaksud.

    kami juga menyediakan berbagai jenis bahan huruf timbul, diantaranya :

    - huruf timbul akrilik

    - huruf timbul galvanil

    - huruf timbul stainless

    - huruf timbul kuningan

    - huruf timbul led box, neon box

    - totem/ pylon sign

    Berdasarkan bahan yang digunakan kami menyediakan harga yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi dan bahan finishing yang digunakan. Penawaran dibuat sesuai kebutuhan dilapangan dengan pengukuran terlebih dahulu.

    kami pastikan setiap costumer mendapatkan hasil yang memuaskan dan dengan kualitas yang bagus.

    Untuk informasi lebih jelasnya mengenai harga, bisa HUB 081112520806 / 085691938144
    office : Ruko cendana raya no 15A Bencongan indah Karawaci tangerang.

    Jasa pelayanan kami dapat di akses untuk seluruh daerah indonesia.



    https://huruftimbuljakarta123.blogspot.com/
    #huruftimbul



    #jasahuruftimbul



    #jasaneonbox



    #jasahuruftimbulakrilik



    #jasahuruftimbulgalvanil



    #jasahuruftimbulstainless



    #jasahuruftimbulkuningan

    ReplyDelete
  2. CV Bahagia sukses makmur menjual dan menyewakan tenda roder dengan berbagai macam ukuran.
    Tenda roder biasanya digunakan untuk tenda gudang, tenda pabrik, tenda pernikahan, tenda bazaar, tenda gathering, dan acara lainnya yang membutuhkan ruangan luas. Atau dalam kondisi seperti ini, tenda roder juga bisa digunakan sebagai tenda vaksinasi, tenda darurat, dan tenda isolasi covid.

    Tersedia ukuran mulai 10x5, 10x10, 10x15, 10x20, 10x30,dsb
    Tersedia berbagai macam bahan sesuai dengan keinginan anda.
    Rangka aluminium.

    Melayani seluruh indonesia, jabodetabek dan luar jabodetabek.
    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :
    Telp/WA : 0811 1252 0806/ 0856 9193 8144
    Office : Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.



    https://kontraktortenda10.blogspot.com/

    #tendaroder
    #tendagudang
    #tendagudangaceh
    #tendagudangriau
    #tendagudangpadang
    #tendagudanglampung
    #tendagudangmedan
    #tendagudangpalembang
    #tendagudangbanten
    #tendagudangserang
    #tendagudanglebak
    #tendagudangtangerang
    #tendagudangtangsel
    #tendagudangjakarta
    #tendagudangdepok

    ReplyDelete