Friday, September 14, 2018

Español Básico : Los Interrogativos (Kata tanya dalam bahasa Spanyol)


¡Hola! ¿Qué tal?🙆
Kali ini gue mau share tentang los interrogativos atau kata tanya dalam bahasa Spanyol.
Udah ada yang tau apa belum nih? Kalo belum tau, nih gue kasih tau. Hmm...baek, kan, gue? 😁😁😁

Oke, langsung aja. Silakan lihat rangkumannya dalam gambar sederhana ini 👇





Mari kita bahas sedikit satu persatu

  • ¿Quién? / ¿Quiénes? 



Digunakan untuk menanyakan orang,  "siapa?", "siapa orang ini? siapa orang itu?".  Loh, terus apa bedanya? Kok kayaknya sama aja tapi yang satunya ada tambahan -es di belakangnya?
Umumnya kata tanya ¿quién? digunakan untuk orang tunggal,  sementara ¿quiénes? untuk orang jamak. Misal mau tanya "siapa dia?" maka gunakan ¿quién?, kalau mau tanya "siapa mereka?" maka gunakan ¿quiénes? 
Cara bacanya adalah kien dan kienes. Ingat, ketika huruf q bertemu huruf u lalu diikuti huruf vokal i maka huruf u nya tidak terbaca. Jadi qui dibaca qi.

¿Quién es? 
Siapa dia? 

¿Quiénes son esos niños?
Siapa anak-anak itu?


  • ¿Qué? artinya Apa? 



Biasanya digunakan untuk menanyakan sesuatu yang secara umum (tidak memikirkan jenis kelamin dari sesuatu yang ditanya, misal : Apa itu? ), untuk menanyakan arti dari sesuatu (misal : Apa artinya...), untuk menanyakan kegiatan yang dilakukan seseorang (misal: Apa yang akan kamu lakukan malam ini?, Apa yang sedang kamu lakukan?), untuk menanyakan kualitas seseorang (misal : Apa saja bahasa yang kamu kuasai?). Ingat bacanya bukan kue tapi ke seperti ke dalam kata keju.

¿Qué es eso?
Apa itu?

¿Qué vas a hacer esta noche?
Apa yang akan kamu lakukan malam ini?

¿Qué idiomas hablas?
Kamu bisa bicara bahasa apa saja?



  • ¿Cuál? / ¿Cuáles?

bisa diartikan sebagai Apa? atau Yang mana Kata tanya ini  bisa digunakan untuk pertanyaan yang memiliki pilihan atau alternatif. Misal "yang mana yang kamu suka?". Ingat bacanya kual dan kuales ya. Karena huruf c ketika bertemu huruf u dibaca ku. ¿Cuál? digunakan untuk yang jumlahnya tunggal, sementara ¿cuáles? untuk yang jamak.

¿Cuál prefieres? ¿La pasta o la ensalada?
Yang mana yang kamu sukai? Pasta atau salad?

¿Cuál es tu color favorito?
Apa warna kesukaanmu?

¿Cuáles son las clases que te interesan este semestre?
Kelas apa saja yang kamu minati semester ini?


  •  ¿Dónde?


artinya  "dimana", untuk menanyakan dimana tempat atau posisi sesuatu. Untuk bertanya dimana seseorang tinggal bisa gunakan kata tanya ¿Dónde? .
¿Dónde vives?Dimana kamu tinggal?
¿De dónde eres?Dari mana kamu berasal?





  • ¿Cuándo? 



artinya kapan? . Digunakan untuk menanyakan hal yang berhubungan dengan waktu.

¿Cuándo te vas de vacaciones?
Kapan kamu pergi berlibur?

¿Cuándo vienen tus padres?
Kapan orangtuamu datang?

  • ¿Cuánto? / ¿cuánta? / ¿cuántos? / ¿cuántas?



Keempat kata tanya ini pada intinya untuk menanyakan berapa jumlah dari sesuatu, berapa harga atau berapa lama. Lah terus kenapa ada empat kata tanya? Perhatikan, kata tanya ¿cuánto? dan  ¿cuánta? untuk menanyakan sesuatu yang jumlahnya tunggal sementara kata tanya ¿cuántos? dan  ¿cuántas? untuk menanyakan yang jumlahnya jamak. Lalu kenapa ada yang akhirannya -to dan -ta, -tos dan -tas ?
Yang berakhiran -o menunjukan bahwa yang ditanyakan merupakan kata benda berjenis kelamin maskulin, sementara yang berakhiran a menunjukan bahwa yang sedang dibicarakan adalah kata benda feminin. Bingung? Tenang saja, nanti akan kita bahas apa itu kata benda maskulin dan feminin dan apa saja yang termasuk di dalamnya.
Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika bertanya maka harus disesuaikan dengan jenis kelamin dan jumlahnya apakah tunggal atau jamak. 


  • ¿Cómo?

artinya "Bagaimana?" . Bagaimana cara membuat sesuatu, bagaimana karakteristik dari sesorang atau sesuatu, bagaimana cara datang/ pergi

¿Cómo es tu profesor?
Bagaimana profesormu?

¿Cómo vienes al colegio?
Bagaimana caramu datang ke sekolah?

  • ¿Por qué? 


artinya "Mengapa?" digunakan untuk menanyakan sebab atau mengapa.

¿Por qué estudias español?
Mengapa kamu belajar bahasa Spanyol?

¿Por qué estás enojada?
Mengapa kamu marah? 

Perlu diingat bahwa penulisannya adalah por diikuti spasi kemudian kata qué dengan tanda aksen di atas huruf e nya. 

Jangan lupa, bahwa dalam bahasa Spanyol, kalimat tanya selalu diawali dengan tanda tanya terbalik ( ¿ ) dan ditutup dengan tanda tanya biasa ( ? ) ya, gengs 

Nah, sampai sini dulu. Ada yang mau ditanyakan? Ada yang bikin bingung? Sebenernya yang gue tulis ini semacam rangkumannya sih, dengan contoh yang terbatas. Kalo tiap kata tanya dibahas satu-persatu bakal sangat panjang. Mungkin gue perlu buat postingan baru untuk setiap kata tanya ke depannya, yah. Tapi gue rasa, segini dulu udah cukup lah ya untuk perkenalan.

Kalau ada komentar, kritik dan saran atau pertanyaan boleh tinggalkan responnya di kolom komentar, atau kirim email ke gue di 📧 dtangibles@gmail.com

Sekian dulu. Makasih banyak atas perhatiannya. ¡Nos vemos! ¡Chao!





Sumber:


Woodward Spanish. Los Interrogativos. Dalam https://www.spanish.cl/Grammar/Notes/Interrogativos.htm, diakses pada 14 September 2018

Supit, Jenny F.D. 2009. Español para Indonesios. Jakarta: Kesaint Blanc

Spanishdict Translator

No comments:

Post a Comment